Biodata Cristiano Ronaldo

with 1 komentar
Biodata Cristiano RonaldoBola Mania, Cristiano Ronaldo terlahir di Funchal, Madeira, Portugal. Ayahnya memberinya nama Ronaldo karena terinspirasi nama mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola terbaik negara Portugal dimana saat ini dia bermain untuk Club Real Madrid.

Sebelum pindah ke Real Madrid pada 1 Juli 2009, ia dikenal sebagai pemain sayap dari Manchester United dari 2003-2009. Pada musim perdananya di Old Trafford, 2003/04, Ronaldo meraih trofi juara Piala FA. Pada musim yang sama pula ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik MU. Ronaldo bermain sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah.

Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat. Di samping gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya. Disamping kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa, dia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati, itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling berbahaya bagi lawannya, dia dapat mencetak gol dengan cara apapun.

Pada tahun 2006 Ronaldo meraih trofi Premier League-nya yang pertama bersama MU. Ia juga menjadi runner up Pemain Terbaik Eropa, namun kalah dari Kaka (Lihat Biodata Kaka) hingga Ronaldo berada di posisi ketiga untuk Pemain Terbaik Dunia.

Satu musim berselang ia meraih trofi Premier League lagi dan kali ini dilengkapi dengan trofi Liga Champions. Ia mencetak rekor 42 gol dalam semusim yang mana membuatnya meraih penghargaan Sepatu Emas. Kecemerlangannya karir Ronaldo di tahun 2007/2008 mengalahkan bintang Barcelona, Lionel Messi (Lihat Biodata Messi).

Usai meraih satu gelar Premier League lagi bersama MU pada tahun 2009, Ronaldo akhirnya hengkang ke Real Madrid. Dana transfer yang digunakan untuk membelinya sebesar 80 juta poundsterling hngga membuatnya menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola di dunia dan mengalahkan rekor Zinedine Zidane (Lihat Biodata Zidane).


Biodata Cristiano Ronaldo:
Nama lengkap: Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Tanggal lahir: 5 Februari 1985 (umur 25)
Tempat lahir: Funchal, Madeira, Portugal
Tinggi Badan: 184 cm
Brat Badan: 80 kg
Posisi bermain: Sayap kanan, Penyerang

Klub saat ini: Real Madrid
Nomor Punggung: 9

Karier Ronaldo
Sporting Lisbon (1999-2003)
Manchester United (2003– 2009)
Real Madrid (2009- 2010)

Penghargaan
Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Eropa Tahun 2008
Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Dunia versi FIFPRO
Mendapat Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2008

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    Banyak isu yang beredar bahwa winger terbaik Portugal akan bertahan di Real Madrid, namun tidak menutup kemungkinan Cristiano Ronaldo akan hengkang ke klub Liga Perancis PSG karena ia sudah mendapat hampir semua gelar di Liga Spanyol

Posting Komentar